Jumat, 30 Mei 2014

Dasar - dasar Manajemen (Evaluasi)



DASAR-DASAR MANAJEMEN
EVALUASI


Oleh

A.  ANISAH DJARULLAH PUTRI (C1L013007
B.  DONY SUDIARTA PRATAMA (C1L013025)
C. I GUSTI LANANG SUWACANA M  (C1L013037)
D.  MUH. RIFKY MORI T (C1L013057)
E. MULHIMAH (C1L013063)
F. NORFITRIH (C1L013065)
G. WENDRI ADRIANA C1L013095)


PROGRAM STUDI KEHUTANAN
UNIVERSITAS MATARAM 2014






Kata Penghantar
Puji syukur kami panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa, karena kesempatan yang telah diberikanNya lah  sehingga kami bisa menyelesaikan sebuah karya tulis Dasar-Dasar Manajemen mengenai “Evaluasi dalam proses Manajemen”
Makalah ini dibuat dengan berbagai observasi dalam jangka waktu tertentu sehingga menghasilkan karya yang bisa dipertanggungjawabkan hasilnya. Kami mengucapkan terimakasih kepada pihak terkait yang telah membantu Kami dalam menghadapi berbagai tantangan dalam penyusunan makalah ini.
Kami menyadari bahwa masih sangat banyak kekurangan yang mendasar pada makalah ini. Oleh karna itu, Kami berharap agar pembaca  untuk memberikan kritik dan saran yang bersifat membangun untuk kemajuan ilmu pengetahuan ini. Terima kasih,dan semoga makalah ini bisa memberikan manfaat  bagi kita semua.


                                                                                                                                Mataram,23 mei 2014
                                                                                                Penyusun


                                                                                                            (Kelompok 5) 







Daftar isi
Kata pengantar........................................................................................................................1
Daftar isi.....................................................................................................................................2
BAB I pendahuluan
     I. Latar belakang...............................................................................................................3
     II. Tujuan..............................................................................................................................4
     III. Tinjauan pustaka.......................................................................................................4
BAB II Isi
Pembahasan............................................................................................................................6
a. Tujuan evaluasi.............................................................................................................7
b. Fungsi evaluasi.............................................................................................................7
c. Prinsip evaluasi............................................................................................................8
d. Prosedur evaluasi.......................................................................................................8
BAB II Penutup
I. Kesimpulan......................................................................................................................9
II. Daftar Pustaka...............................................................................................................9







BAB I
Pendahuluan
I.     Latar Belakang

Manajemen berasal dari kata "to manage" yang berarti mengatur, mengurus atau mengelola. Banyak definisi yang telah diberikan oleh para ahli terhadap istilah manajemen ini. Namun dari sekian banyak definisi tersebut ada satu yang kiranya dapat dijadikan pegangan dalam memahami manajemen tersebut, yaitu : Manajemen adalah suatu proses yang terdiri dari rangkaian kegiatan, seperti perencanaan, pengorganisasian, penggerakandan pengendalian/pengawasan, yang dilakukan untuk menetukan dan mencapai tujuan yang telah ditetapkan melalui pemanfaatan sumberdaya manusia dan sumberdaya lainnya.
Dalam Manajemen terdapat fungsi-fungsi manajemen yang terkait erat di dalamnya. Pada umumnya ada empat (4) fungsi manajemen yang banyak dikenal masyarakat yaitu fungsi perencanaan (planning), fungsi pengorganisasian , fungsi pengarahan , fungsi pengendalian (controlling) dan fungsi Evaluasi . Para manajer dalam organisasi perusahaan bisnis diharapkan mampu menguasai semua fungsi manajemen yang ada untuk mendapatkan hasil manajemen yang maksimal.





II. Tujuan
1.      Mengetahui apa itu kegiatan “Evaluasi” dalam manajemen
2.      Mengetahui berbagai teori dan pendapat para Ahli mengenai “Evaluasi”
3.      Mengetahui Tujuan ,Fungsi,Prinsip dan Prosedur Evaluasi

III. Tinjauan Pustaka
Evaluasi adalah suatu proses dalam merencanakan, memperoleh, dan menyediakan informasi yang sangat diperlukan untuk membuat alternatif - alternatif keputusan” (MEHRENS & LELMAN, 1978)
  
“Evaluasi adalah suatu proses yang sistematis untuk menentukan tujuan atau membuat keputusan sampai sejauh mana tujuan - tujuan pengajaran telah dicapai oleh siswa”. (GRONLUND, 1975)

“Evaluasi adalah penggunaan metode ilmiah untuk menilai implementasi dan outcomes suatu program yang berguna untuk proses membuat keputusan”. (Rutman and Mowbray 1983)

“evaluasi adalah suatu metode penelitian yang sistematis untuk menilai rancangan, implementasi dan efektifitas suatu program”. (Chelimsky 1989)

“Kegiatan  evaluasi dilakukan untuk: a) menyediakan pertanggungjawaban kegiatan kepada masyarakat, stakeholder, dan lembaga donor; b) membantu menentukan tujuan yang telah ditentukan pada perencanaan; c) meningkatkan program implementasi;  b) memberikan kontribusi untuk pemahaman ilmiah tentang hasil suatu program;  dan e) meningkatkan kesadaran dan dukungan terhadap  masyarakat, dan f) menginformasikan kebijakan”.(Lavinghouze (2007))

 “Evaluasi sebagai usaha mencari sesuatu yang berharga (worth). Sesuatu yang berharga tersebut dapat berupa informasi tentang suatu program, produksi serta alternatif prosedur tertentu”. ( Worthen dan Sanders)

Evaluasi bukan sekadar menilai suatu aktivitas secara spontan dan insidental, melainkan merupakan kegiatan untuk menilai sesuatu secara terencana, sistematik, dan terarah berdasarkan tuiuan yang jelas”. ( Tague-Sutclife (1996 : 1-3)


“Evaluasi dapat juga diartikan sebagai “proses menilai sesuatu berdasarkan kriteria atau tujuan yang telah ditetapkan yang selanjutnya diikuti dengan pengambilan keputusan atas obyek yang dievaluasi”. (Djaali dan Pudji (2008 : 1))

“Evaluasi secara umum dibedakan atas : Evaluasi Formatif , Evaluasi Proses, Evaluasi sumatif, Evaluasi dampak program,dan Evaluasi hasil”. (Mantra 1997)


“Evaluasi adalah proses penilaian .  Penilaian ini bisa menjadi netralpositif atau negatif atau merupakan gabungan dari keduanya. Saat sesuatu dievaluasi biasanya orang yang mengevaluasi mengambil keputusan tentang nilai atau manfaatnya”. (Curtis, Dan B; Floyd, James J.Winsor, Jerryl L)


 
 


BAB II : Isi
 Pembahasan
 Evaluasi merupakan bagian dari sistem manajemen yaitu perencanaan, organisasi, pelaksanaan, monitoring dan evaluasi. Secara sederhana Evaluasi diartikan sebagai penilaian hasil akhir terhadap suatu program.
         
 Pemahaman mengenai pengertian evaluasi dapat berbeda-beda sesuai dengan pengertian evaluasi yang bervariatif oleh para pakar evaluasi.
Berdasarkan pendapat dari MEHRENS & LELMAN dan GRONLUND, Evaluasi adalah suatu proses untuk membuat suatu keputusan, sejauh mana tujuan dan program kerja telah tercapai, sehingga dapat menentukan langkah yang akan diambil selanjutnya. Berdasarkan Rutman and Mowbray dan Chelimsky, Evaluasi untuk menilai implementasi dan keefektifitasan suatu program. Lavinghouze memandang bahwa evaluasi mengutamakan bagaimana pertanggungjawaban terhadap program yang telah dibuat, sedangkan Worthen dan Sanders memandang bahwa evaluasi itu, sebagai suatu usaha untuk mencari informasi yang berharga tentang suatu program. Pendapat dari Tague-Sutclife dan Djaali dan Pudji, berpatokan bahwa suatu evaluasi bisa dinilai setelah melihat bagaimana suatu program berjalan secara sistematis dan terencan, yang selanjutnya mengambil keputusan tentang langkah kedepannya.
Menurut Mantra (1997), evaluasi secara umum dibedakan atas :
§    Evaluasi formatif yaitu evaluasi yang dilakukan pada saat merencanakan suatu program dengan tujuan menghasilkan informasi yang akan dipergunakan untuk mengembangkan program agar program sesuai dengan masalah atau kebutuhan masyarakat.
§    Evaluasi proses adalah proses yang memberikan gambaran tentang apa yang sedang berlangsung dalam suatu program dan memastikan keterjangkauan elemen fisik dan struktural dari program tersebut.
§    Evaluasi sumatif yaitu memberikan pernyataan efektif suatu program selama kurun waktu tertentu dan dimulai setelah program berjalan.
§    Evaluasi dampak program yaitu menilai keseluruhan efektifitas program dalam menghasilkan target sasaran.
§    Evaluasi hasil yaitu menilai perubahan-perubahan atau perbaikan dalam hal morbiditas, mortalitas atau indikator status kesehatan lainnya untuk sekelompok penduduk tertentu.
Sedangkan menurut  Curtis, Dan B; Floyd, James J.Winsor, Jerryl L, Evaluasi merupakan suatu proses penilaian yang bisa bersifat positif,negatif, ataupun netral. Penilaian yang bersifat positif, dimana sebagaian besar program kerja berjalan maksimal, sedangkan penilain negatif sebaliknya, dan untuk penilaian netral program kerja itu dapat berjalan, tapi tidak secara maksimal.
Dari uraian diatas, Evalausi memiliki Tujuan ,Fungsi,Prinsip dan Prosedur.
a.    Tujuan Evaluasi :
Tujuan Evaluasi  ada yang bersifat  umum dan ada yang bersifat khusus.  Secara umum tujuan evaluasi dapat diartikan sebagai suatu usaha untuk mengetahui keefektifan dan efisiensi program kerja baik yang menyangkut tentang tujuan, maupun program kerja. Tujuan khusus Evaluasi  adalah penyesuain evaluasi program dengan jenis evaluasi program itu sendiri, seperti evaluasi perencanaan dan pengembangan, evaluasi monitoring, evaluasi dampak, evaluasi efisiensi-ekonomis dan evaluasi program komprehensif.
Pada dasarnya tujuan akhir evaluasi adalah untuk memberikan bahan-bahan pertimbangan untuk menentukan/membuat kebijakan tertentu, yang diawali dengan suatu proses pengumpulan data yang sistematis.
b.    Fungsi Evaluasi

1. Untuk mengetahui apakah tujuan-tujuan yang telah ditetapkan telah tercapai dalam kegiatan.
2. Untuk memberikan objektivitas pengamatan terhadap prilaku hasil.
3. Untuk mengetahui kemampuan dan menentukan kelayakan.
4. untuk memberikan umpan balik bagi kegiatan yang dilakukan.

c.     Prinsip Evaluasi
 a)     kontinuitas, evaluasi dilakukan secara terus menerus
b)      komprehensif, keseluruhan aspek yang harus dievaluasi
c)       adil dan objektif, berlaku adil tanpa pilih kasih
d)      kooperatif, bekerjasama dengan semua pihak
e)      Praktis, mudah digunakan.

d.    Prosedur Evaluasi
a.    Tahap perencanaan
b.    Tahap pelaksanaan
c.    Monitoring pelaksanaan evaluasi
d.    Pengolahan data
e.    Pelaporan hasil evaluasi
f.      Penggunaan hasil evaluasi




BAB III: Penutup
I.          Kesimpulan
Evaluasi merupakan bagian dari fungsi manajemen, berupa proses penilaian atas suatu program kerja, yang memiliki fungsi dan prinsip tertentu.

II.       Daftar Pustaka




semoga bermanfaat bagi pembelajaran kita semua :D




Tidak ada komentar:

Posting Komentar